Pencarian
Daftar Link
bukutamu
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website Madrasah dengan SIMDIKnya bagi anda ?
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 276519
Pengunjung : 76324
Hari ini : 9
Hits hari ini : 32
Member Online : 93
IP : 54.80.146.251
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

mas_malnupusat@yahoo.co.id
Agenda
19 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Ratusan Siswa/I MA MALNU Pusat Mengaplikasikan Hasil Belajar Di Sekolah Melalui PPL

Tanggal : 05/07/2015, 12:57:16, dibaca 852 kali.

Sudah menjadi agenda rutin Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes untuk menggelar kegiatan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) di setiap tahunnya. Kegiatan ini telah menjadi program tahunan di Madrasah aliyah MALNU Pusat Menes kurang lebih dimulai sejak tahun 1877. Pada tahun 2015 ini, PPL Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes telah mencapai pada angkatan yang ke XLVI (46). Dengn demikian kurang lebih sejak 135 tahun yang lalu Madrasah Aliyah MALNU Pusat Menes sudah menyelenggarakan kegiatan PPL pada tingkatan Madrasah Aliyah.

Yang pertama kali menggagas untuk mengadakan kegiatan PPL tersebut adalah Kepala Madrasah Aliyah itu sendiri. “Yang saya ketahui, dari mulai sejak Abah KH. Moh. Ishak menjabat sebagai kepala Madrasah  hingga saat ini yang menduduki jabatan itu adalah Dra. Hj. Siti Makiyah, M.MPd sudah ada dan sudah terlaksana kegiatan tersebut,” ujar Tibyani,  S.Ag selaku Ketua Panitia PPL.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah agar siwa/i kelas XII yang sudah sekian lama mengenyam pendidikan di bangku Madrasah Aliyah hingga tiga tahun lamanya dapat mengaplikasikan dan membagi ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum yang telah dibekalkan oleh guru-gurunya di Madrasah. Di samping itu, siswa/i kelas XII juga diharapkan bisa mengenal lapangan tempat mereka bersosialisasi kelak. Karena keilmuan yang telah diperoleh tersebut juga pada akhirnya akan diaplikasikan  dalam kehidupan di masyarakat nanti. Selain itu, tujuan dari pelaksanaan PPL juga untuk menimba ilmu dari pengalaman dari masyarakat yang lain sebelum nanti dikembalikan kepada masyarakatnya masing-masing.

Pada tahun ini, kegiatan PPL dilaksanakan di empat kecamatan yang terdapat di kabupaten Pandeglang. Yaitu Kecamatan Jiput, Pulosari, Carita, Mandalawangi selama 7 (Tujuh) hari dimulai dari Senin, 20/04/15 sampai dengan Ahad, 26/04/15. Dalam satu kecamatan hanya lima desa yang menjadi lokasi pusat kegiatan. Diantaranya adalah kecamatan Mandalawangi (Sirna Galih, Pandat, Sinar Jaya, Pari, dan Panjang Jaya), kecamatan Pulosari (Banjar Negara, Koranji, Banjar Wangi, Suka Sari, dan Suka Raja), kecamatan Jiput (Pamarayan, Jiput, Banyuresmi, Citaman, dan Sampang Bitung), dan yang terakhir di kecamatan Carita (Pejamben, Banjarmasin, Tembong, Sindang Laut, dan Sukarame).

Untuk tahun ini MA Malnu Pusat Menes memilih lokasi yang lebih dekat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena pada tahun sebelumnya MA Malnu Pusat Menes sudah pernah memilih daerah yang lebih jauh untuk dijadikan lokasi PPL. Keempat kecamatan tersebut adalah daerah yang cukup lama tidak dijadikan sebagai lokasi tempat PPL. Di samping itu, agar guru-guru pembimbing bisa pergi ke sekolah untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), karena jangkauan jaraknya relatif dekat dengan sekolah.

Pada tahap survey lokasi panitia tidak menemukan kesulitan apapun. Karena sudah pernah melakukan kegiatan tersebut setiap tahunnya dan sudah memiliki pengalaman yang sangat baik. “Alhamdulillah, dalam tahap survey lokasi-lokasi PPL saya tidak menemukan kesulitan yang berarti. Karena pada tahun-tahun sebelumnya saya sudah pernah melaksanakan kegiatan tersebut dan juga sudah memiliki pengalaman, karena saya sudah keenam kalinya terpilih menjadi ketua Panitia PPL.” Katanya lagi.

Inti daripada pelaksanaan PPL adalah siswa dan siswi diharuskan mengikuti semua kegiatan yang ada di masyarakat desa setempat. Terutama kegiatan yang bersifat keagamaan dan kemasyarakatan. Kegiatan yang bersifat keagamaan adalah seperti mengadakan pengajian baik untuk anak-anak, remaja, pemuda, ibu-ibu ataupun bapak-bapak yang apabila dalam suatu daerah tersebut kurang didalam melaksanakan kegiatan sepeti itu. Adapun kegiatan kemasyarakatannya yaitu seperti mengadakan gotong-royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan setempat, dan sebagainya.

Banyak terjadi perubahan yang sangat positif dari tahun-tahun sebelumnya. Pada awalnya masyarakat sulit untuk menerima kehadiran para peserta PPL untuk melaksanakan kegiatan di daerah mereka karena khawatir kegiatan PPL ini membawa paham-paham baru. Tetapi karena MA Malnu Pusat Menes sudah pernah berkali-kali melaksanakan kegiatan tersebut dan insya Allah masyarakat pun sudah tidak meragukannya lagi.

“Harapan saya pada kegiatan tersebut adalah agar siswa/i kelas XII mendapatkan kesuksesan di dalam menjalankan kegiatan tersebut dan tidak ada kendala apapun yang dapat menghambat kegiatan ini. Dan juga semoga mereka mendapatkan kebaikan-kebaikan, ilmu serta pengalaman yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya. Untuk tahun yang akan datang, harapannya semoga lebih baik lagi dan mudah-mudahan bisa menempati lokasi-lokasi yang berada di luar kota”. Ujarnya penuh harap. [Siti Sabat Naula]



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : EvbEOOCjT -  [frbovyef@hotmail.com]  Tanggal : 19/07/2016
Great <a href="http://byeoqoxv.com">inshtig!</a> That's the answer we've been looking for.

Pengirim : lDRVEFNTIxS -  [kyefw2oh8o7@hotmail.com]  Tanggal : 17/07/2016
Well I guess I don't have to spend the weekend <a href="http://gjmjrv.com">fiurnigg</a> this one out!

Pengirim : NJaLKxer -  [73j4m359251@outlook.com]  Tanggal : 17/07/2016
Never seen a betetr post! ICOCBW


   Kembali ke Atas

www.ma-malnupusatmenes.sch.id " Al Muhaafazhatu 'ala al Qadiimi as shaalih wa al akhdzu bil Jadiid al-ashlah - Melestarikan Tradisi dan Mengadopsi Modernitas... "